Selama pandemi covid-19 terjadi, dimulai sejak Maret hingga Agustus 2020 DCC Global menerapkan dan mengembangkan pembelajaran berbasis e-learning, salah satunya adalah metode Blended learning. Seiring berkembangnya teknologi di masa Revolusi Industri 4.0, sektor pendidikan menjadi salah satu bidang yang turut dipengaruhi terutama dalam perkembangan metode pembelajaran yang dirancang menjadi semakin cangih. Dalam e-learning, “e” merupakan singkatan dari “elektronik”. Artinya media pembelajaran melibatkan berbagai alat elektronik, menggunakan computer atau gadget dan internet sebagai bahan ajar.

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan fasilitator atau guru ke dalam media elektronik; menggabungkan, mengkombinasikan dan memadukan sistem pendidikan konvensional dengan sistem digital. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face), yang menitikberatkan pada interaksi sosial antara guru dan peserta didik meski pengajarannya menggunakan sistem online atau daring (dalam jaringan).

Pemberian pelatihan pembuatan media yang mendukung metode Blended Learning oleh DCC Global kepada para guru, bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar dan mengajar. Media tersebut dirancang oleh para guru secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang ada di DCC Global, dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik, sehingga memungkinkan peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menarik.

Ditulis oleh :
Ms. Astrid

Klik untuk menonton video

Sistem Kerangka Kelas 4 (Blended Learning)
Pembelajaran Kebugaran jasmani SMP & SMA (Blended Learning)